Cara Mengobati Batuk Pada Anak dengan Madu

Anak-anak sering kali terserang batuk. Saat tidur, dengan intensitas batuk yang sering, membuat si anak tidak dapat tidur nyenyak sehingga sangat terganggu. Jika anak anda mengalami hal tersebut, inilah Cara Mengobati Batuk Pada Anak dengan Madu, yaitu berikanlah anak anda yang batuk dengan 2 sendok teh madu sebelum anak tidur.

Menurut penelitian, khasiat madu dapat meredakan batuk anak-anak. Dalam penelitian ini, sebanyak 270 anak usia 1 sampai 5 tahun yang menderita batuk pada malam hari diberi 1 dari 3 jenis madu, yakni :

1. Madu eucalyptus,
2. Madu citrus, dan
3. Madu labiatae, juga cairan dengan ekstrak madu.

Anak-anak tersebut diminta untuk meminum cairan tersebut 30 menit sebelum tidur. Sementara itu, para orangtua si anak diminta mengisi pertanyaan tentang perkembangan batuk anak-anak pada malam sebelum riset dimulai, dibandingkan dengan malam setelah riset rampung.

Hasil riset menunjukkan, semua anak terlihat lebih baik pada hari kedua, termasuk anak yang diberi minuman ekstrak madu. Namun, anak yang mendapat minuman madu terlihat lebih jarang batuk dan lebih nyenyak tidur ketimbang yang tidak meminum madu.

Alan Rosenbloom, MD, dokter anak di Baldwin, New York, mengatakan madu bisa menjadi bagian dari perawatan pilek yang diderita anak-anak. Namun, madu kurang sesuai untuk dikonsumsi anak-anak berusia di bawah 1 tahun karena dapat beresiko pada metabolismenya.

Vic Mali, MD, dokter anak di Beaumont Hospital di Troy, Michigan berpendapat temuan baru ini sangat membantu para orangtua. Semua jenis madu, katanya, memiliki khasiat luar biasa. Orangtua tinggal memilih rasa mana yang cocok dengan lidah anak-anaknya.

Demikianlah tulisan tentang Cara Mengobati Batuk Pada Anak dengan Madu. Jika tulisan ini bermanfaat silahkan bagikan/share dengan melakukan klik tombol share di atas atau di bawah tulisan ini.@